Jumat, 22 Mei 2009

RPP SMK BAHASA INGGRIS KELAS 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : XI / 3
Standar Kompetensi :2. Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara level
Elementary
Kompetensi Dasar : B1.Memahami percakapan sederhana sehari-hari baik dalam
konteks professional maupun pribadi dengan orang
bukan penutur asli.
Alokasi waktu : 20 JP x 45 menit (5 Pertemuan)
Indikator : 1. Memperagakan dan menjawab dengan benar pertanyaan
dengan pola Yes/ No Questions
2. Memperagakan dengan benar pertanyaan dengan pola
Question Tags.
3. Memperagakan dan menjawab dengan benar pertanyaan
dengan pola Question Words 4. Menggunakan berbagai bentuk ungkapan untuk
membicarakan kegemaran / hobi dan minat 5. Memperagakan dengan benar ungkapan untuk menangani
tamu hotel, restoran, travel agency dll.

I. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat memperagakan dan menjawab dengan benar pertanyaan dengan pola Yes/ No Questions
2. Siswa dapat memperagakan dengan benar pertanyaan dengan pola Question tags
3. Siswa dapat memperagakan dan menjawab dengan benar pertanyaan dengan pola Question Words
4. Siswa dapat menggunakan berbagai bentuk ungkapan untuk membicarakan kegemaran /
hobi dan minat.
5. Siswa dapat Memperagakan dengan benar ungkapan untuk menangani
tamu hotel, restoran, travel agency dll.

II. MATERI PEMBELAJARAN
1. Yes / No Questions
2. Question Tags
3. Question with Question Words
4. Gerunds
5. Construction with “too and enough”
6. Telling about Hobbies and Interests
7. Guest Handling

III. METODE PEMBELAJARAN
1. Writing
· Writing Description of other’s daily activities
· Writing sentences containing Yes/ No Question, Question Tags, Question Words, and Gerunds
· Arranging sentences containing “too and enough”
2. Reading
· Answering questions about hobbies and interests
3. Speaking
· Telling about One’s own daily activities
· Role playing about Guest Handling
4. Listening
· Answering questions based on recorded materials
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Pertemuan I

a.Kegiatan Awal :
- Greeting (Menyapa menanyakan kabar)
- Presensi ( Mencatat siswa yang tidak hadir)
- Apersepsi dan motivasi (Membuka proses berfikir siswa dan menyampaikan pendahuluan materi yang akan disajikan)

b. Kegiatan Inti
- Guru menanyakan siswa tentang aktivitas mereka sehari-hari
- Guru meminta siswa bercerita tentang aktivitas mereka sehari-hari secara lisan
- Guru meminta siswa menjawab pertanyaan tentang hobi dan kesukaan dari wacana yang
diberikan

c. Kegiatan penutup
Memberi tugas / pekerjaan rumah

Pertemuan ke-2

a.Kegiatan Awal :
- Greeting (Menyapa menanyakan kabar)
- Presensi ( Mencatat siswa yang tidak hadir)
- Apersepsi dan motivasi (Membuka proses berfikir siswa dan menyampaikan pendahuluan materi yang akan disajikan)

b. Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana menjawab pertanyaan dengan menggunakan Yes / No questions.
- Guru meminta siswa membuat pernyataan dengan menggunakan Yes/ No question
- Guru menjelaskan tentang Question tags dan Question words
- Guru meminta siswa mengerjakan latihan dengan menggunakan question tags dan question words

c. Kegiatan penutup
- Siswa membuat dialog secara berpasangan

Pertemuan ke-3

a.Kegiatan Awal :
- Greeting (Menyapa menanyakan kabar)
- Presensi ( Mencatat siswa yang tidak hadir)
- Apersepsi dan motivasi (Membuka proses berfikir siswa dan menyampaikan pendahuluan materi yang akan disajikan)

b. Kegiatan Inti
- Guru menanyakan siswa tentang bentuk / rumus penggunaan “too and enough”
- Guru menjelaskan kepada siswa tentang rumus/ bentuk dari “too and enough”

c. Kegiatan penutup
- Siswa mengerjakan latihan



Pertemuan ke – 4

a.Kegiatan Awal :
- Greeting (Menyapa menanyakan kabar)
- Presensi ( Mencatat siswa yang tidak hadir)
- Apersepsi dan motivasi (Membuka proses berfikir siswa dan menyampaikan pendahuluan materi yang akan disajikan.
b. Kegiatan Inti
- Guru bertanya kepada siswa tentang gerunds
- Guru menjelaskan siswa tentang gerunds

c. Kegiatan penutup
- Siswa menulis kalimat yang terdapat gerund di dalamnya

Pertemuan ke-5

a.Kegiatan Awal :
- Greeting (Menyapa menanyakan kabar)
- Presensi ( Mencatat siswa yang tidak hadir)
- Apersepsi dan motivasi (Membuka proses berfikir siswa dan menyampaikan pendahuluan materi yang akan disajikan.

b. Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan tentang beberapa ungkapan yang digunakan dalam Guest Handling
- Siswa membuat dialog tentang Guest Handling

c. Kegiatan penutup
- Siswa bermain peran tentang Guest Handling

V. ALAT / SARANA DAN SUMBER PEMBELAJARAN

a.Alat / Sarana :
Tape recorder, cassette
b.Sumber :
Buku teks, global access, English Grammar

VI.PENILAIAN

a.Tes lisan (dialog berpasangan)
b.Tes tertulis (melengkapi kalimat)



Mengetahui Bakauheni, Juli 2008
Kepala SMK Negeri Penengahan Guru Bidang Studi



Drs.M U D A S I R RENY ZURAIDA N, S.Pd
NIP. 131 997 614 NIP. 460 033 032







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : XI / 3
Standar Kompetensi :2. Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara level
Elementary
Kompetensi Dasar : B2.Mencatat pesan-pesan sederhana baik dalam interaksi
langsung maupun melalui alat
Alokasi waktu : 20 JP x 45 menit (5 Pertemuan)
Indikator : 1. Mencatat / menulis pesan yang diterima lewat telepon
2. Mencatat / menulis pesan yang diterima secara langsung.

I. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat menulis pesan yang diterima melalui telepon
2. Siswa dapat menulis pesan yang diterima secara langsung

II. MATERI PEMBELAJARAN
1. Expressions dealing with telepon conversation
2. Personal pronoun
3. Reported speech
4. Adjective clause

III. METODE PEMBELAJARAN
1. Listening
· Listening the information from recorded materials
· Understanding telephone conversation
2. Speaking
· Telling the information obtained from recorded materials
· Role playing on telephone conversation
3. Writing
· Writing messages based on telephone conversation
· Composing sentences using reported speech, personal pronouns and adjective clause

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Pertemuan I

a.Kegiatan Awal :
- Greeting (Menyapa menanyakan kabar)
- Presensi ( Mencatat siswa yang tidak hadir)
- Apersepsi dan motivasi (Membuka proses berfikir siswa dan menyampaikan pendahuluan materi yang akan disajikan)

b. Kegiatan Inti
- Guru meminta siswa menyebutkan nomor telepon dalam bahasa Inggris
- Guru membacakan beberapa ungkapan yang digunakan dalam percakapan telepon
- Siswa melengkapi dialog berdasarkan dialog yang sedang dibaca oleh guru mereka
- Siswa bermain peran tentang percakapan di telepon

c. Kegiatan penutup
Guru meminta siswa melengkapi pesan yang diterima dari telepon

Pertemuan ke-2

a.Kegiatan Awal :
- Greeting (Menyapa menanyakan kabar)
- Presensi ( Mencatat siswa yang tidak hadir)
- Apersepsi dan motivasi (Membuka proses berfikir siswa dan menyampaikan pendahuluan materi yang akan disajikan)

b. Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan tentang reported speech.
- Guru meminta siswa membuat kalimat dengan menggunakan reported speech

c. Kegiatan penutup
- Memberi tugas / pekerjaan rumah

Pertemuan ke-3

a.Kegiatan Awal :
- Greeting (Menyapa menanyakan kabar)
- Presensi ( Mencatat siswa yang tidak hadir)
- Apersepsi dan motivasi (Membuka proses berfikir siswa dan menyampaikan pendahuluan materi yang akan disajikan)

b. Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan tentang personal pronouns
- Siswa mengerjakan latihan tentang personal pronoun

c. Kegiatan penutup
- Memberi tugas / pekerjaan rumah

Pertemuan ke – 4

a.Kegiatan Awal :
- Greeting (Menyapa menanyakan kabar)
- Presensi ( Mencatat siswa yang tidak hadir)
- Apersepsi dan motivasi (Membuka proses berfikir siswa dan menyampaikan pendahuluan materi yang akan disajikan.

b. Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan tentang adjective clause
- Siswa melengkapi kalimat dengan menggunakan adjective clause

c. Kegiatan penutup
- Memberi tugas / pekerjaan rumah

Pertemuan ke-5

a.Kegiatan Awal :
- Greeting (Menyapa menanyakan kabar)
- Presensi ( Mencatat siswa yang tidak hadir)
- Apersepsi dan motivasi (Membuka proses berfikir siswa dan menyampaikan pendahuluan materi yang akan disajikan).



b. Kegiatan Inti
- Review pertemuan 1-4
- Evaluation (test tertulis)

c. Kegiatan penutup
- Penugasan

V. ALAT / SARANA DAN SUMBER PEMBELAJARAN

a.Alat / Sarana :
Tape recorder, cassette
b.Sumber :
Buku teks, global access, English Grammar

VI.PENILAIAN

a.Tes lisan (dialog berpasangan)
b.Tes tertulis







Mengetahui Bakauheni, Juli 2008
Kepala SMK Negeri Penengahan Guru Bidang Studi



Drs.M U D A S I R RENY ZURAIDA N, S.Pd
NIP. 131 997 614 NIP. 460 033 032























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : XI / 3
Standar Kompetensi :2. Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara level
Elementary
Kompetensi Dasar : B3.Merinci tugas pekerjaan dan latar belakang pendidikan
yang dimilikinya secara lisan dan tulisan.
Alokasi waktu : 20 JP x 45 menit (5 Pertemuan)
Indikator : 1. Menggunakan bentuk kata kerja Present Tense untuk menerangkan tugas dan pekerjaan berbagai macam profesi
2. Menggunakan bentuk kata kerja Simple Past Tense dengan tepat untuk menerangkan latar belakang
3. Menulis Curriculum Vitae yang sederhana dengan benar 4. Menggunakan ungkapan yang tepat untuk menjelaskan
fakta dan angka (facts and figures) pada suatu sajian data

I. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat menggunakan kalimat Simple Present untuk menerangkan tugas dan pekerjaan berbagai macam profesi
2. Siswa dapat menggunakan kalimat Simple Past dengan tepat untuk menerangkan latar .
belakang pendidikan berbagai macam profesi
3. Siswa dapat membuat curriculum vitae yang sederhana dengan benar
4. Siswa dapat menggunakan ungkapan yang tepat untuk menjelaskan fakta dan angka
pada suatu sajian data

II. MATERI PEMBELAJARAN
1. Telling about people’s job using the Simple Present Tense
2. Telling about people’s education background using the Simple Present Tense
3. Samples of curriculum vitae
4. Expressing facts and figures

III. METODE PEMBELAJARAN
1. Speaking
· Explain the one’s profession
· Role playing
2. Writing
· make a paragraph
· make sentences by using Simple Present and Simple past
· make curriculum vitae

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Pertemuan I

a.Kegiatan Awal :
- Greeting (Menyapa menanyakan kabar)
- Presensi ( Mencatat siswa yang tidak hadir)
- Apersepsi dan motivasi (Membuka proses berfikir siswa dan menyampaikan pendahuluan materi yang akan disajikan)




b. Kegiatan Inti
- Guru meminta siswa menerangkan tugas dan pekerjaan berbagai macam profesi dengan
menggunakan kalimat Simple Present Tense secara lisan
- Guru meminta siswa membuat sebuah paragrap pendek tentang profesi orang tua mereka

c. Kegiatan penutup
Memberi tugas / pekerjaan rumah

Pertemuan ke-2

a.Kegiatan Awal :
- Greeting (Menyapa menanyakan kabar)
- Presensi ( Mencatat siswa yang tidak hadir)
- Apersepsi dan motivasi (Membuka proses berfikir siswa dan menyampaikan pendahuluan materi yang akan disajikan)

b. Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan tentang Simple Past Tense
- Guru meminta siswa membuat kalimat dengan menggunakan bentuk Simple Past
- Guru meminta siswa menerangkan latar belakang pendidikan berbagai macam profesi
secara lisan

c. Kegiatan penutup
- Memberi tugas / pekerjaan rumah

Pertemuan ke-3

a.Kegiatan Awal :
- Greeting (Menyapa menanyakan kabar)
- Presensi ( Mencatat siswa yang tidak hadir)
- Apersepsi dan motivasi (Membuka proses berfikir siswa dan menyampaikan pendahuluan materi yang akan disajikan)

b. Kegiatan Inti
- Guru meminta siswa membuat dialog tentang tugas dan pekerjaan berbagai macam profesi
- Guru meminta siswa bermain peran

c. Kegiatan penutup
- Penugasan

Pertemuan ke – 4

a.Kegiatan Awal :
- Greeting (Menyapa menanyakan kabar)
- Presensi ( Mencatat siswa yang tidak hadir)
- Apersepsi dan motivasi (Membuka proses berfikir siswa dan menyampaikan pendahuluan materi yang akan disajikan.

b. Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan tentang fact and figures
- Guru meminta siswa membuat dialog tentang fact dan figures
- Guru meminta siswa bermain peran


c. Kegiatan penutup
- Penugasan

Pertemuan ke-5

a.Kegiatan Awal :
- Greeting (Menyapa menanyakan kabar)
- Presensi ( Mencatat siswa yang tidak hadir)
- Apersepsi dan motivasi (Membuka proses berfikir siswa dan menyampaikan pendahuluan materi yang akan disajikan.

b. Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan tentang curriculum vitae
- Siswa membuat curriculum vitae

c. Kegiatan penutup
- Penugasan

V. ALAT / SARANA DAN SUMBER PEMBELAJARAN

a.Alat / Sarana :
Sample curriculum vitae, pictures
b.Sumber :
Buku teks, global access, English Grammar

VI.PENILAIAN

a.Tes lisan (dialog berpasangan)
b.Tes tertulis (membuat kalimat/ paragraph pendek)






Mengetahui Bakauheni, Juli 2008
Kepala SMK Negeri Penengahan Guru Bidang Studi



Drs.M U D A S I R RENY ZURAIDA N, S.Pd
NIP. 131 997 614 NIP. 460 033 032













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : XI / 4
Standar Kompetensi :2. Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara level
Elementary
Kompetensi Dasar : B4.Menceritakan pekerjaan di masa lalu dan merencanakan
kerja yang akan datang
Alokasi waktu : 16 JP x 45 menit (4 Pertemuan)
Indikator : 1. Mengemukakan dengan benar ungkapan tentang kegiatan masa lampau
2. Menggunakan ungkapan untuk mengemukakan kegiatan di masa datang dalam tense yang benar
3. Menulis surat pribadi yang menceritakan tentang
kehidupan masa lalu dan rencana di masa depan

I. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat melakukan percakapan tentang kegiatan masa lampau
2. Siswa dapat melakukan percakapan tentang kegiatan yang akan datang dengan
menggunakan tense yang benar
3. Siswa dapat menulis surat pribadi yang menceritakan tentang kehidupan masa lalu dan rencana di masa depan

II. MATERI PEMBELAJARAN
1. Telling about past events
2. Telling about future plans
3. Samples of a personal letter
4. Grammar review

III. METODE PEMBELAJARAN
1.Speaking
· Telling one’s own plan
2.Writing
· Composing personal letters
· Make sentences
3.Reading
· Reading passage

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Pertemuan I

a.Kegiatan Awal :
- Greeting (Menyapa menanyakan kabar)
- Presensi ( Mencatat siswa yang tidak hadir)
- Apersepsi dan motivasi (Membuka proses berfikir siswa dan menyampaikan pendahuluan materi yang akan disajikan)

b. Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan tentang Past Tense
- Guru meminta siswa membuat sebuah paragrap tentang pengalaman yang berkesan
yang pernah dialami
- Guru meminta siswa bercerita berdasarkan paragrap yang telah dibuat
c. Kegiatan penutup
Memberi tugas / pekerjaan rumah

Pertemuan ke-2

a.Kegiatan Awal :
- Greeting (Menyapa menanyakan kabar)
- Presensi ( Mencatat siswa yang tidak hadir)
- Apersepsi dan motivasi (Membuka proses berfikir siswa dan menyampaikan pendahuluan materi yang akan disajikan)

b. Kegiatan Inti
- Guru meminta siswa membaca sebuah wacana tentang kegiatan di masa lampau
- Guru meminta siswa menjawab pertanyaan berdasarkan wacana

c. Kegiatan penutup
- Memberi tugas / pekerjaan rumah

Pertemuan ke-3

a.Kegiatan Awal :
- Greeting (Menyapa menanyakan kabar)
- Presensi ( Mencatat siswa yang tidak hadir)
- Apersepsi dan motivasi (Membuka proses berfikir siswa dan menyampaikan pendahuluan materi yang akan disajikan)

b. Kegiatan Inti
- Guru meminta siswa menjelaskan tentang Future Tense
- Guru meminta siswa membuat kalimat dalam bentuk Future Tense

c. Kegiatan penutup
- Penugasan

Pertemuan ke – 4

a.Kegiatan Awal :
- Greeting (Menyapa menanyakan kabar)
- Presensi ( Mencatat siswa yang tidak hadir)
- Apersepsi dan motivasi (Membuka proses berfikir siswa dan menyampaikan pendahuluan materi yang akan disajikan.

b. Kegiatan Inti
- Guru meminta siswa menyebutkan perbedaan antara Past Tense dan Future Tense
- Guru meminta siswa membuat surat pribadi yang menceritakan masa lalu dan rencana di
masa depan

c. Kegiatan penutup
- Penugasan







V. ALAT / SARANA DAN SUMBER PEMBELAJARAN

a.Alat / Sarana : -
b.Sumber :
Buku teks, global access, English Grammar

VI.PENILAIAN

a.Tes lisan (telling one’s past experiences)
b.Tes tertulis (composing personal letters)







Mengetahui Bakauheni, Juli 2008
Kepala SMK Negeri Penengahan Guru Bidang Studi



Drs.M U D A S I R RENY ZURAIDA N, S.Pd
NIP. 131 997 614 NIP. 460 033 032































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : XI / 4
Standar Kompetensi :2. Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara level
Elementary
Kompetensi Dasar : B5.Mengungkapkan berbagai macam maksud hati
Alokasi waktu : 28 JP x 45 menit (7 Pertemuan)
Indikator : 1. Menggunakan ungkapan-ungkapan untuk menyampaikan undangan (invitation) dengan tepat
2. Menggunakan ungkapan-ungkapan untuk melakukan tawar-menawar (bargaining) dengan tepat
3. Menggunakan ungkapan-ungkapan untuk menyatakan
kepastian (certainty) dengan tepat
4. Menggunakan ungkapan-ungkapan untuk memberi dan merespon pujian dengan tepat
5. Menggunakan ungkapan-ungkapan untuk menyatakan
pendapat / opini (agree / disagree) dengan tepat
6. Menggunakan ungkapan-ungkapan untuk menyatakan argumentasi dengan benar

I. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat menggunakan ungkapan-ungkapan untuk menyampaikan undangan (invitation) dengan tepat.
2. Siswa dapat menggunakan ungkapan-ungkapan untuk melakukan tawar-menawar
(bargaining) dengan tepat.
3. Siswa dapat menggunakan ungkapan-ungkapan untuk menyatakan kepastian (certainty)
dengan tepat.
4. Siswa dapat menggunakan ungkapan-ungkapan untuk memberi dan merespon pujian dengan tepat
5. Siswa dapat menggunakan ungkapan-ungkapan untuk menyatakan pendapat / opin (agree / disagree) dengan tepat
6. Menggunakan ungkapan-ungkapan untuk menyatakan argumentasi dengan benar

II. MATERI PEMBELAJARAN
1. Giving invitation
2. Bargaining
3. Expressing certainty
4. Giving and responding to compliments
5. Expressing opinions
6. Expressing agreement /disagreement
7. Grammar review

III. METODE PEMBELAJARAN
1.Listening
· Answering questions based on dialogues
2.Speaking
· Performing dialogues based on given situation
3.Reading
· Answering questions based on written texts
4.Writing
· Writing dialogues based on given situations


IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Pertemuan I

a.Kegiatan Awal :
- Greeting (Menyapa menanyakan kabar)
- Presensi ( Mencatat siswa yang tidak hadir)
- Apersepsi dan motivasi (Membuka proses berfikir siswa dan menyampaikan pendahuluan materi yang akan disajikan)

b. Kegiatan Inti
- Siswa mendengarkan dialog tentang menyampaikan undangan
- Guru meminta siswa menjawab pertanyaan sesuai dengan isi dialog
- Guru meminta siswa membuat dialog yang berisi ungkapan menyampaikan undangan

c. Kegiatan penutup
- Penugasan

Pertemuan ke-2

a.Kegiatan Awal :
- Greeting (Menyapa menanyakan kabar)
- Presensi ( Mencatat siswa yang tidak hadir)
- Apersepsi dan motivasi (Membuka proses berfikir siswa dan menyampaikan pendahuluan materi yang akan disajikan)

b. Kegiatan Inti
- Guru meminta siswa membaca sebuah dialog yang berisi tentang ungkapan tawar-menawar (bargaining)
- Guru meminta siswa menjawab pertanyaan berdasarkan dialog yang baru dibaca
- Guru meminta siswa bermain peran sebagai penjual dan pembeli yang sedang melakukan
tawar-menawar.

c. Kegiatan penutup
- Penugasan

Pertemuan ke-3

a.Kegiatan Awal :
- Greeting (Menyapa menanyakan kabar)
- Presensi ( Mencatat siswa yang tidak hadir)
- Apersepsi dan motivasi (Membuka proses berfikir siswa dan menyampaikan pendahuluan materi yang akan disajikan)

b. Kegiatan Inti
- Guru meminta siswa mendengarkan dialog yang menyatakan kepastian
- Guru meminta siswa menjawab pertanyaan berdasarkan dialog
- Guru meminta siswa membuat dialog yang menyatakan kepastian

c. Kegiatan penutup
- Penugasan




Pertemuan ke – 4

a.Kegiatan Awal :
- Greeting (Menyapa menanyakan kabar)
- Presensi ( Mencatat siswa yang tidak hadir)
- Apersepsi dan motivasi (Membuka proses berfikir siswa dan menyampaikan pendahuluan materi yang akan disajikan.

b. Kegiatan Inti
- Guru meminta siswa mendengarkan dialog yang berisi ungkapan memberi dan merespon pujian
- Guru meminta siswa melengkapi dialog dengan ungkapan memberi dan merespon pujian
- Guru meminta siswa bermain peran

c. Kegiatan penutup
- Penugasan

Pertemuan ke – 5

a.Kegiatan Awal :
- Greeting (Menyapa menanyakan kabar)
- Presensi ( Mencatat siswa yang tidak hadir)
- Apersepsi dan motivasi (Membuka proses berfikir siswa dan menyampaikan pendahuluan materi yang akan disajikan.

b. Kegiatan Inti
- Guru meminta siswa mendengarkan dialog yang berisi ungkapan menyatakan pendapat atau opini
- Guru meminta siswa menggaris bawahi ungkapan menyatakan pendapat atau opini
- Guru meminta siswa membuat dialog yang berisi ungkapan yang menyatakan pendapat

c. Kegiatan penutup
- Penugasan

Pertemuan ke – 6

a.Kegiatan Awal :
- Greeting (Menyapa menanyakan kabar)
- Presensi ( Mencatat siswa yang tidak hadir)
- Apersepsi dan motivasi (Membuka proses berfikir siswa dan menyampaikan pendahuluan materi yang akan disajikan.

b. Kegiatan Inti
- Guru meminta siswa mendengarkan dialog yang berisi ungkapan persetujuan
- Guru meminta siswa membuat dialog dengan ungkapan persetujuan
- Guru meminta siswa bermain peran

c. Kegiatan penutup
- Penugasan






Pertemuan ke – 7

a.Kegiatan Awal :
- Greeting (Menyapa menanyakan kabar)
- Presensi ( Mencatat siswa yang tidak hadir)
- Apersepsi dan motivasi (Membuka proses berfikir siswa dan menyampaikan pendahuluan materi yang akan disajikan.

b. Kegiatan Inti
- Guru meminta siswa mendengarkan dialog yang berisi ungkapan yang menyatakan argumentasi
- Guru menjawab pertanyaan berdasarkan isi dialog
- Guru meminta siswa membuat dialog yang berisi ungkapan yang menyatakan argumentasi

c. Kegiatan penutup
- Penugasan

V. ALAT / SARANA DAN SUMBER PEMBELAJARAN

a.Alat / Sarana :
Cassette, tape recorder
b.Sumber :
Buku teks, global access, English Grammar

VI.PENILAIAN

a.Tes lisan (Role play)
b.Tes tertulis (melengkapi dialog, menjawab pertanyaan, membuat dialog)







Mengetahui Bakauheni, Juli 2008
Kepala SMK Negeri Penengahan Guru Bidang Studi



Drs.M U D A S I R RENY ZURAIDA N, S.Pd
NIP. 131 997 614 NIP. 460 033 032













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : XI / 4
Standar Kompetensi :2. Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara level
Elementary
Kompetensi Dasar : B6.Memahami instruksi-instruksi sederhana
Alokasi waktu : 20 JP x 45 menit (5 Pertemuan)
Indikator : 1. Mengemukakan dengan benar ungkapan-ungkapan untuk menggambarkan proses kerja dan atau berfungsinya suatu alat.
2. Menggunakan ungkapan-ungkapan untuk memberi saran
dan nasihat secara tepat
3. Menggunakan ungkapan-ungkapan untuk menyatakan keharusan dan kewajiban dengan tepat
4. Menggunakan ungkapan-ungkapan untuk meyakinkan dan membujuk orang lain agar menerima pendapat atau usulan yang diajukan dengan tepat.

I. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat mengemukakan dengan benar ungkapan-ungkapan untuk menggambarkan proses kerja dan atau berfungsinya suatu alat.
2. Menggunakan ungkapan-ungkapan untuk memberi saran dan nasihat secara tepat
3. Menggunakan ungkapan-ungkapan untuk menyatakan keharusan dan kewajiban dengan tepat
4. Menggunakan ungkapan-ungkapan untuk meyakinkan dan membujuk orang lain agar menerima pendapat atau usulan yang diajukan dengan tepat.

II. MATERI PEMBELAJARAN
1. Expressions used in describing process
2. Expressions used in asking for and giving suggestion and advice
3. Expressions used in asking necessity and obligation
4. Expressions used in persuading and convicing
5. Grammar review (Degrees of comparison)

III. METODE PEMBELAJARAN
1. Listening
2. Speaking
· Telling about how things work
· Role playing
3. Reading
· Reading dialogue passage
4. Writing
· Making dialogues
· Make sentences

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Pertemuan I

a.Kegiatan Awal :
- Greeting (Menyapa menanyakan kabar)
- Presensi ( Mencatat siswa yang tidak hadir)
- Apersepsi dan motivasi (Membuka proses berfikir siswa dan menyampaikan pendahuluan materi yang akan disajikan)

b. Kegiatan Inti
- Guru meminta siswa mendengarkan dialog yang berisi ungkapan yang menggambarkan proses kerja dan berfungsinya suatu alat
- Guru meminta siswa menjawab pertanyaan berdasarkan isi dialog
- Guru meminta siswa bercerita tentang proses kerja dan atau berfungsinya suatu alat secara lisan

c. Kegiatan penutup
Penugasan

Pertemuan ke-2

a.Kegiatan Awal :
- Greeting (Menyapa menanyakan kabar)
- Presensi ( Mencatat siswa yang tidak hadir)
- Apersepsi dan motivasi (Membuka proses berfikir siswa dan menyampaikan pendahuluan materi yang akan disajikan)

b. Kegiatan Inti
- Guru meminta siswa mendengarkan dialog yang berisi ungkapan meminta dan memberi saran
- Guru meminta siswa membuat dialog dengan ungkapan meminta dan memberi saran
- Guru meminta siswa bermain peran

c. Kegiatan penutup
- Penugasan

Pertemuan ke-3

a.Kegiatan Awal :
- Greeting (Menyapa menanyakan kabar)
- Presensi ( Mencatat siswa yang tidak hadir)
- Apersepsi dan motivasi (Membuka proses berfikir siswa dan menyampaikan pendahuluan materi yang akan disajikan)

b. Kegiatan Inti
-Guru meminta siswa membaca dialog yang berisi ungkapan menyatakan keharusan dan kewajiban
- Guru meminta siswa menjawab pertanyaan berdasarkan dialog
- Guru meminta siswa bermain peran

c. Kegiatan penutup
- Penugasan

Pertemuan ke – 4

a.Kegiatan Awal :
- Greeting (Menyapa menanyakan kabar)
- Presensi ( Mencatat siswa yang tidak hadir)
- Apersepsi dan motivasi (Membuka proses berfikir siswa dan menyampaikan pendahuluan materi yang akan disajikan.

b. Kegiatan Inti
- Guru meminta siswa mendengarkan dialog yang berisi ungkapan untuk meyakinkan dan membujuk orang lain
- Guru meminta siswa membuat dialog
- Guru meminta siswa bermain peran

c. Kegiatan penutup
- Penugasan

Pertemuan ke-5

a.Kegiatan Awal :
- Greeting (Menyapa menanyakan kabar)
- Presensi ( Mencatat siswa yang tidak hadir)
- Apersepsi dan motivasi (Membuka proses berfikir siswa dan menyampaikan pendahuluan materi yang akan disajikan)

b. Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan tentang Comparative dan Superlative degree
- Guru meminta siswa melengkapi kalimat dengan ungkapan comparative dan superlative degree
- Guru meminta membuat kalimat yang berisi ungkapan comparative dan superlative degree

c. Kegiatan penutup
- Penugasan

V. ALAT / SARANA DAN SUMBER PEMBELAJARAN

a.Alat / Sarana :
Cassette, tape recorder
b.Sumber :
Buku teks, global access, English Grammar

VI.PENILAIAN

a.Tes lisan (Role play, telling about how things work)
b.Tes tertulis (melengkapi dialog, menjawab pertanyaan, membuat kalimat)




Mengetahui Bakauheni, Juli 2008
Kepala SMK Negeri Penengahan Guru Bidang Studi



Drs.M U D A S I R RENY ZURAIDA N, S.Pd
NIP. 131 997 614 NIP. 460 033 032






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : XI / 4
Standar Kompetensi :2. Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara level
Elementary
Kompetensi Dasar : B7.Membuat pesan-pesan pendek, petunjuk dan daftar
dengan pilihan kata, ejaan, dan tata tulis yang berterima
Alokasi waktu : 8 JP x 45 menit (2 Pertemuan)
Indikator : 1. Memilih dan merangkai kata-kata dengan tepat menjadi pesan pendek, petunjuk atau daftar.
2. Menulis kesimpulan dari suatu pembicaraan dengan
benar menjadi suatu pesan pendek, petunjuk atau daftar

I. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat memilih dan merangkai kata-kata dengan tepat menjadi pesan pendek, petunjuk atau daftar.
2. Siswa dapat Menulis kesimpulan dari suatu pembicaraan dengan benar menjadi suatu pesan pendek, petunjuk atau daftar

II. MATERI PEMBELAJARAN
1. Samples of short message, directory, and lists
2. Content, punctuation, and spelling

III. METODE PEMBELAJARAN
1. Rearranging words/ sentences
2. Compossing short message, direction or lists based on the situation given by the teacher

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Pertemuan I

a.Kegiatan Awal :
- Greeting (Menyapa menanyakan kabar)
- Presensi ( Mencatat siswa yang tidak hadir)
- Apersepsi dan motivasi (Membuka proses berfikir siswa dan menyampaikan pendahuluan materi yang akan disajikan)

b. Kegiatan Inti
- Guru memberi contoh bagaimana membuat pesan-pesan pendek
- Guru meminta siswa membuat pesan-pesan pendek
- Guru meminta siswa menyampaikan pesan secara lisan

c. Kegiatan penutup
Penugasan

Pertemuan ke-2

a.Kegiatan Awal :
- Greeting (Menyapa menanyakan kabar)
- Presensi ( Mencatat siswa yang tidak hadir)
- Apersepsi dan motivasi (Membuka proses berfikir siswa dan menyampaikan pendahuluan materi yang akan disajikan)

b. Kegiatan Inti
- Guru meminta siswa menyusun kata-kata yang diacak menjadi kalimat yang baik
- Guru meminta siswa menyusun kalimat –kalimat yang diacak tentang petunjuk penggunaan alat menjadi paragrap yang baik

c. Kegiatan penutup
- Penugasan

V. ALAT / SARANA DAN SUMBER PEMBELAJARAN

a.Alat / Sarana :
Samples of short message
b.Sumber :
Buku teks, global access, English Grammar

VI.PENILAIAN

a.Tes lisan (Menyamapaikan pesan secara lisan)
b.Tes tertulis (membuat pesan singkat)







Mengetahui Bakauheni, Juli 2008
Kepala SMK Negeri Penengahan Guru Bidang Studi




Drs.M U D A S I R RENY ZURAIDA N, S.Pd
NIP. 131 997 614 NIP. 460 033 032

1 komentar: